Agen Bola Terbesar

Beberapa Hal Penting Sebelum Kamu Melelehkan Keju

Beberapa Hal Penting Sebelum Kamu Melelehkan Keju
Beberapa Hal Penting Sebelum Kamu Melelehkan Keju - Berita Harian Terkini - Kuliner


Melelehkan keju sebenarnya tidak sulit. Tetapi ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan.

Selain jenis keju, proses pemanasan keju haruslah tepat demi menghasilkan lelehan keju yang sempurna. Fine Cooking (25/10) merangkum beberapa aturan penting saat melelehkan keju seperti berikut:

1. Gunakan keju sesuai resep jika ada
Bereksperimen menambahkan atau mengganti jenis keju tidak dianjurkan dalam pembuatan keju leleh. Sebaiknya tetap ikuti petunjuk resep jika ada. Ini karena jenis keju yang sama belum tentu memiliki sifat leleh yang sama.

Sebagai contoh, saus fondue keju a la Swiss tidak tepat jika dibuat dengan keju mozzarella. Tetapi jika ingin membuat keju leleh tanpa resep, satu-satunya cara ialah dengan bereksperimen hingga menemukan jenis keju yang tepat untuk sebuah hidangan.

2. Pilih jenis keju
Kemampuan leleh sebuah keju tidak bisa diketahui hanya dari tekstur atau nutrisinya saja. Pasalnya keju meleleh dengan banyak cara. Bahkan untuk satu jenis keju yang sama kemampuan lelehnya tidak bisa identik atau sama persis.

Namun ada 3 kategori keju berdasarkan kemampuan lelehnya. Ada elastis dan berserat, lembut dan longgar, serta tidak leleh atau non-melting.

Kategori keju dengan lelehan elastis dan berserat antara lain:
1. Mozzarella (aged dan fresh)
2. Queso Oaxaca
3. Provolone
4. String cheese
5. Fresh cheddar cheese curds.
Biasanya keju ini dipakai sebagai topping pizza atau isian kroket. Tampilannya begitu cantik hingga memperlihatkan serat-serat saat potongan makanan diangkat. Muluran benang kejunya juga begitu panjang saat ditarik.

Kategori keju dengan lelehan lembut dan longgar antara lain:
1. Cheddar
2. Fontina
3. Gruyere
4. Emmentaler
5. Gouda
6. Brie
7. Camembert
Kategori ini berisi paling banyak jenis keju. Beberapa jenis keju akan kental saat meleleh sementara yang lain tidak begitu kental. Biasanya keju jenis ini dipakai untuk membuat roti panggang, ditambahkan dalam pasta panggang, dibuat untuk polenta, mashed potato, risotto, atau souffles.

Kategori keju tidak leleh atau non-melting antara lain:
1. Ricotta
2. Cottage cheese
3. Feta
4. Halloumi
Keju pada kategori ini bisa dibakar, digoreng, atau dipanggang. Keju ini sebenarnya akan lembut ketika dipanaskan, tetapi bentuk aslinya tidak akan hilang. Ada beberapa kemungkinan mengapa sebuah keju tidak bisa leleh. Diantaranya keju terlalu tinggi garam, terlalu rendah atau tinggi asam, atau mengandung banyak whey.

3. Hati-hati dengan panas
Selain pemilihan jenis keju yang tepat, Anda harus berhati-hati saat memanaskannya. Pasalnya jenis keju yang tepat bila dipanaskan dengan metode yang kurang tepat akan gagal meleleh dengan sempurna. Saat memanaskannya, lakukan hal berikut:

1. Parut keju
Dengan memarut keju, area yang kontak dengan panas semakin banyak. Sehingga waktu untuk memanaskan keju berkurang alias keju bisa meleleh lebih cepat.

2. Suhu ruang
Perhatikan suhu keju sebelum dilelehkan. Sebaiknya biarkan keju terlebih dahulu di suhu ruang sebelum dipanaskan. Hal ini juga membuat keju leleh lebih cepat.

3. Gunakan api kecil
Faktanya keju lebih bagus dipanaskan dengan suhu rendah. Pada suhu tinggi, protein dalam keju lebih mungkin mengeluarkan banyak lemak dan kehilangan kelembaban.

Informasi berita Silet hari ini dan Gossip Artis bisa baca di situs ini !!

Dapatkan juga berita politik & berita mancanegara di situs ini !

Share on Google Plus

About jenipatty

0 komentar:

Posting Komentar