Agen Bola Terbesar

Gudeg Bunga Kelapa Muda Khas Bantul Favorit Keluarga Keraton

Gudeg Bunga Kelapa Muda Khas Bantul Favorit Keluarga Keraton
Gudeg Bunga Kelapa Muda Khas Bantul Favorit Keluarga Keraton - Berita Harian Terkini - Kuliner


Ada banyak sajian tradisional favorit keluarga keraton Yogyakarta. Salah satunya adalah gudeg manggar yang terbuat dari campuran bunga kelapa muda.

Yogyakarta memang dikenal sebagai Kota Gudeg. Kebanyakan gudeg diolah dengan bahan dasar buah nangka muda yang disebut juga dengan nama gori oleh masyarakat setempat.

Khusus di daerah Bantul, ada jenis gudeg yang populer yaitu Manggar. Sajian ini menjadi salah satu kuliner tradisional yang menjadi favorit keluarga keraton Yogyakarta. Gudeg Manggar berasal dari sebuah desa bernama Desa Mangir. Sejarahnya dulu dibuat pertama oleh Putri Pambayun, putri dari Panembahan Senopati Raja Mataram I.

Manggar merupakan putik bunga kelapa muda yang dipakai sebagai bahan utama pengganti nangka muda.



Ada dua jenis gudeg yaitu gudeg kering dan gudeg basah. Untuk gudeg kering, proses pemasakannya setelah direbus kemudian ditiriskan dan "digoreng" tanpa minyak dengan menambahkan gula merah sehingga hasilkan rasa manis. Sedangkan gudeg basah cenderung memiliki rasa yang kurang manis.

Dalam proses pembuatan gudeg manggar sebenarnya sama saja seperti gudeg nangka, karena bumbu yang digunakan sama. "Bedanya hanya lebih punya tekstur unik mirip seperti jamur kalau dibuat dengan bunga kelapa," jelasnya.

Gudeg manggar disajikan dengan berbagai lauk pelengkap seperti sambal goreng krecek, tahu dan tempe bacem, telur pindang hingga suwiran ayam opor dengan kuah kental. Beberapa juga sering menambahkan blondo atau areh yang terbuat dari kepala santan kelapa sehingga membuat sajian ini gurih. Semakin enak dinikmati dengan rempeyek atuapun kerupuk kulit.

Gudeg manggar sempat menjadi langka karena kehilangan peminat. Namun, sejak beberapa tahun belakangan, gudeg manggar kembali populer setelah beberapa media massa menampilkannya sebagai kuliner pusaka yang wajib dilestarikan. Di berbagai festival kuliner pun hampir dapat dipastikan kehadiran gudeg manggar yang mendapat perhatian ramai.

Informasi berita Silet hari ini dan Gossip Artis bisa baca di situs ini !!

Dapatkan juga berita politik & berita mancanegara di situs ini !
Share on Google Plus

About jenipatty

0 komentar:

Posting Komentar