Agen Bola Terbesar

Pemerintah Korsel Terkejut Bahwa Kim Jong-Nam Dibunuh Pakai Racun VX

Pemerintah Korsel Terkejut Bahwa Kim Jong-Nam Dibunuh Pakai Racun VX
Pemerintah Korsel Terkejut Bahwa Kim Jong-Nam Dibunuh Pakai Racun VX - Berita Harian Terkini - Berita


Pemerintah Korea Selatan (Korsel) terkejut akan penggunaan gas saraf VX dalam pembunuhan Kim Jong Nam, kakak tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un.

Kementerian Luar Negeri Korsel menyatakan, penggunaan gas saraf VX yang terlarang itu, merupakan pelanggaran terang-terangan atas traktat internasional.

"Kami terkejut atas pemberitahuan terbaru oleh otoritas Malaysia bahwa VX... digunakan dalam kematian Kim Jong-Nam," demikian disampaikan Kementerian Luar Negeri Korsel seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (24/2/2017).

Kementerian menyebut penggunaan racun VX tersebut sebagai "pelanggaran terang-terangan Konvensi Senjata Kimia dan norma-norma internasional lainnya".

Tidak seperti Korut, Korsel merupakan salah satu negara yang ikut menandatangani Konvensi Senjata Kimia, yang mulai berlaku sejak tahun 1997.

"Penggunaan senjata kimia secara ketat dilarang untuk alasan apapun dan di mana saja," imbuh Kementerian Luar Negeri Korsel.

Sebelumnya pada tahun 2014, Kementerian Pertahanan Korsel menyatakan dalam laporannya, bahwa Korut mulai memproduksi senjata kimia pada tahun 1980-an dan diperkirakan Korut memiliki sekitar 2.500 ton hingga 5.000 ton persediaan senjata kimia, termasuk gas saraf VX.

Namun dalam laporan penilaian tahun 2015, badan Inisiatif Ancaman Nuklir yang berbasis di Washington menuliskan: "Korut mengklaim pihaknya tidak memiliki senjata kimia."


Informasi berita Silet hari ini dan Gossip Artis bisa baca di situs ini !!

Dapatkan juga berita politik & berita mancanegara di situs ini !
Share on Google Plus

About jenipatty

0 komentar:

Posting Komentar