Agen Bola Terbesar

Castella atau Kasutera yang Terkenal di Jepang

Castella atau Kasutera yang Terkenal di Jepang
Castella atau Kasutera yang Terkenal di Jepang - Berita Harian Tekrini - Kuliner


Kasutera adalah first japanese west-influenced dessert. Kasutera dibawa mulanya oleh misionaris spanyol pada abad ke-16 sebagai buah tangan. Nama baratnya castella, diambil dari castille kingdom. versi lainnya, kasutera dibawa oleh misionaris portugis pada sekitar abad ke-16 lewat pelabuhan nagasaki, satusatunya pelabuhan di masa itu yang dibuka untuk perdagangan orang asing. Dikatakan, kasutera adalah versi jepang dari pao de lo, sponge cake khas portugal. Kue ini disukai karena dapat disimpan untuk waktu yang cukup lama, cocok untuk pelayar yang mengarungi samudera dalam periode waktu yang lama. Selain spanyol dan portugis, belanda dan cina juga mengklaim negara mereka sebagai pembawa kasutera ke jepang.

Dahulu kasutera merupakan makanan resmi kerajaan, namun tidak seperti dewasa ini, kasutera pada masa itu tidak manis dan keras. selanjutnya, resep kasutera dikembangkan menyesuaikan dengan lidah orang jepang hingga mencapai resep kasutera yang kita kenal dewasa ini.



Bahan-bahan penyusun kasutera sederhana saja, hanya tepung roti, telur, susu, gula dan madu. Tidak seperti sponge cake kebanyakan, yang menambahkan minyak atau butter dalam adonannya agar lembut. adonan kasutera pada dasarnya mengembang karena busa telur (egg foam). versi awal, kasutera dibuat tanpa susu, sebab pada masa itu, jepang tidak memiliki pengetahuan untuk menggunakan dairy product dalam olahan kue. untuk memanggang, orang jepang menggunakan hikigama (引き釜) dengan bahan bakar arang pada masanya.

Kasutera bertekstur halus dan spongy. rasanya yang manis sesuai dengan lidah orang jepang kebanyakan. Tidak heran, kue ini menjadi sangat populer di jepang. Seperti halnya masakan jepang, kasutera-pun memiliki seni dalam proses pembuatannya. tekstur dan remah rotinya sangat halus dan pore-less. sisi atas dan bawah kasutera datar tanpa gelombang (karena di tengahtengah proses pemanggangan adonan dibalik). rasanya lezat dengan keseimbangan rasa madu, susu, dan aji mirin (japanese sweet rice wine). tidak seperti kue kebanyakan, kasutera dibuat dengan bread flour guna memberi tekstur spongy. Orang jepang memanggang kasutera dengan cetakan kayu, sebab kayu menyalurkan panas secara perlahan yang mana akan membantu adonan kue matang merata.

Orang jepang jarang membuat kasutera di rumah, sebab kasutera bisa didapat dengan mudah di festival, toko, pinggir jalan, sampai high-end supermarket dengan variasi rasa berbeda; green tea, brown sugar, dan madu. kasutera biasanya dijual dengan kemasan box yang panjang.

Informasi berita Silet hari ini dan Gossip Artis bisa baca di situs ini !!

Dapatkan juga berita politik & berita mancanegara di situs ini !
Share on Google Plus

About jenipatty

0 komentar:

Posting Komentar