Agen Bola Terbesar

Menteri Malaysia Sebut Restoran Tanpa Sertifikat Halal Belum Tentu Haram

Menteri Malaysia Sebut Restoran Tanpa Sertifikat Halal Belum Tentu Haram
Menteri Malaysia Sebut Restoran Tanpa Sertifikat Halal Belum Tentu Haram - Berita Harian Terkini - Kuliner


Sertifikasi halal tentu untuk kukuhkan kehalalan sebuah restoran. Namun bukan berarti tanpa sertifikat restoran itu jadi tidak halal.

Jamir Khir Baharom, menteri di Jabatan Perdana Menteri Malaysia, mengatakan bahwa muslim seharusnya tidak berasumsi bahwa tempat makanan yang tidak bersertifikat halal otomatis menjadi haram. Jamir Khir yang membidangi urusan Islam ini menyebut banyak bisnis milik muslim tidak memiliki sertifikasi halal dari Jabatan Kemajuan Islam Malaysia (Jakim), lapor The Malay Mail Online (02/11).

"Kita tidak bisa menarik kesimpulan sederhana seperti itu. Ada banyak gerai nasi lemak Melayu, roti canai dan lainnya yang belum mendaftar sertifikasi halal tapi banyak orang masih makan di sana," ujar Jamir Khir dalam pidatonya untuk debat Budget 2017 di Dewan Rakyat (02/11).

Ia juga menyampaikan tidak terlalu perlu bagi tempat makan mendapat sertifikasi halal. Tapi menganjurkan mereka tetap mendapatkannya guna mencegah kebingungan konsumen.

"Kami paham bahwa ketika mereka sudah memiliki sertifikat halal, maka bisa meningkatkan keyakinan konsumen," tambahnya.

Makanan atau minuman juga diganti nama agar tidak membingungkan konsumen, terutama di daerah pedesaan. Misalnya saja "root beer".

"Ketika Anda mengatakan root beer, orang di pedesaan akan bertanya apakah ini root atau beer. Situasi ini menjadikan sertifikasi halal memainkan peran dalam pemasaran, tapi tidak wajib," lanjut Jamir Khir.

Belum lama ini perhatian global memang sempat tertuju pada proses sertifikasi halal Malaysia. Setelah dilaporkan bahwa jaringan pretzel Auntie's Anne gagal mendapat sertifikasi halal karena salah satunya ada menu "pretzel dog".

Jakim kemudian membantah bahwa hal itu menjadi permasalahannya. Meskipun pedoman mereka menyatakan bahwa makanan halal tidak boleh sama dengan nama produk haram seperti bir, bacon dan ham.

Informasi berita Silet hari ini dan Gossip Artis bisa baca di situs ini !!

Dapatkan juga berita politik & berita mancanegara di situs ini !
Share on Google Plus

About jenipatty

0 komentar:

Posting Komentar