Agen Bola Terbesar

Seluruh Warga Jepang Memperingati 5 tahun gempa & tsunami 2011

Seluruh Warga Jepang Memperingati 5 tahun gempa & tsunami 2011

Indobetplay.blogspot.com - Warga Jepang mengheningkan cipta berdiri di sepanjang tembok laut di Taro, Miyako, prefektur Iwate saat peringatan lima tahun bencana gempa dan tsunami yang merenggut belasan ribu nyawa orang pada 11 Maret 2011 lalu di Jepang, Jumat (11/3).

Ribuan orang hari ini berkumpul menawarkan bunga dan dupa. Mereka menundukkan kepala dan menyeka air mata. Bendera-bendera Jepang di gedung pemerintah pusat berkibar setengah tiang, beberapa lainnya berbalut kain hitam.

Di pesisir Rikuzentakata, yang diratakan oleh gelombang tsunami setinggi 17 meter (56 kaki), beberapa wargaya berusaha tegar. Di wilayah itu, jumlah populasi penduduknya berkurang tujuh persen akibat bencana mengerikan lima tahun silam.

”Kenyataannya adalah bahwa kita masih merasakan bekas luka di sini, dan ada masih banyak yang berjuang untuk memulai kehidupan mereka kembali,”kata Yashichi Yanashita,65, seorang pensiunan pejabat balai kota setempat.

Di pusat Kota Tokyo, pada pukul 02.46 waktu setempat, orang-orang menundukkan kepala mengheningkan cipta. Semua kereta bawah tanah di Tokyo berhenti selama satu menit. Perdana Menteri Shinzo Abe dan Kaisar Akihito juga membungkuk di depan 12 ribu orang yang menghadiri upacara mengenang tragedi gempa dan tsunami.

”Ayah, hari itu, saya menelepon ponsel Anda berkali-kali, tapi Anda tidak menjawab ... ,” kata Masakiyo Kimura, yang kehilangan orang tua saat tsunami menerjang Kota Onagawa. ”Rumah kami benar-benar robek dari fondasinya. Tidak ada,tetap kecuali untuk sepasang cangkir teh ayahdan ibu.”

Miliaran dolar telah digelontorkan Pemerintah Jepang untuk memulihkan kondisi warga dan infrastruktur yang hancur. ”Saya merasakan sejumlah orang tidak tahu apa yang harus dilakukan, yang jumlahnya semakin meningkat,” kata Kazuo Sato, mantan nelayan dari Rikuzentakata. ”Hati mereka tersayat…,” lanjut dia.


Share on Google Plus

About jenipatty

0 komentar:

Posting Komentar