Agen Bola Terbesar

Tanghulu, Sate Manisan di Beijing

Tanghulu, Sate Manisan di Beijing
Tanghulu, Sate Manisan di Beijing - Beita Harian Terkini - Kuliner


Ionclub.me - Jenis makanan khas Cina yang satu ini merupakan makanan yang digemari anak-anak. Terdapat aneka macam warna, dan pastinya rasanya manis. Makanan tersebut adalah manisan buah (Tanghulu). Manisan buah merupakan makanan favorit anak-anak di Cina, khususnya di Beijing.

Aneka buah ditusuk seperti sate, dengan warna-warni yang menarik anak-anak untuk memakannya. Buah yang sering dijadikan manisan antara lain jeruk, chery, anggur, kiwi, pisang, nanas, stroberi, dan lain-lain. Manisan yang dijual biasanya ditusuk seperti sate, dengan panjang sekitar 20 hingga 30 cm. Paduan rasa buah-buahan segar yang dicelupkan ke dalam lapisan gula, sehingga rasanya manis sempurna dan sedikit keras ini, sangat cocok sebagai camilan dan tergolong dalam makanan yang mengenyangkan.

Jika anda sedang berwisata ke Beijing, anda dapat pula membawa manisan sebagai teman dalam perjalanan anda, selain rasanya yang manis dan mengenyangkan, harganya pun murah, antara 3 hingga 5 Yuan per tusuknya. Manisan ini dapat anda dapatkan di sepanjang jalan Wangfujing, yang merupakan kawasan paling ramai di Beijing.

Selain di Wangfujing, manisan kemasan juga dapat anda temui di tempat-tempat perbelanjaan seperti The Place dan Xindongan. Makanan ini menjadi makanan favorit bagi masyarakat Beijing asli, dan menjadi jajanan paling favorit pula bagi anak-anak yang ada di Beijing. Manisan buah sangat cocok disantap saat cuaca panas, sehingga kesegaran dari buah yang ada dapat membuat badan dan pikiran anda menjadi segar kembali.



Bagi kebanyakan masyarakat Beijing, Tanghulu bukan hanya sebagai makanan favorit yang lezat, namun juga sebagai simbol dari keberuntungan. Penjual Tanghulu biasanya menjual Tanghulu di kedai-kedai kecil, ada pula yang berkeliling menggunakan sepeda. Penjualan Tanghulu akan meningkat pesat saat ada event atau festival-festival tertentu di Beijing. Makanan ini bahkan telah ada sejak jaman kekaisaran dulu. Makanan ini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit tertentu.

Dulu, pada jaman Dinasti Song, seorang selir di kerajaan mengalami sakit yang parah, hingga rambut yang ada di alis matanya rontok setiap hari. Kemudian sang Kaisar mengundang tabib istana untuk mengobati selir Kaisar tersebut.

Setelah memeriksa selir tersebut, sang tabib memberikan resep obat yang sederhana, yaitu dengan mendidihkan campuran gula dan air, lalu mencampurkan buah-buahan ke dalamnya. Buah yang dicampur dengan gula tersebut kemudian didinginkan hingga mengkristal, lalu dimakan oleh selir Kaisar tersebut. kondisi selir tersebut lama kelamaan semakin membaik, dan akhirnya dapat sehat kembali. Berita ini sangat menggemparkan negeri, dan mulai saat itu, manisan atau Tanghulu mulai dibuat secara masal oleh masyarakat. Hingga kini, pembuat manisan buah ini semakin bertambah banyak di Cina, bahkan makanan ini juga telah diekspor hingga ke luar negeri.

Informasi berita hari ini dan Gossip bisa baca di situs ini !!

Share on Google Plus

About jenipatty

0 komentar:

Posting Komentar