Agen Bola Terbesar

Segarnya Suasana Kebun Teh Sidamanik di Sumatera Utara

Segarnya Suasana Kebun Teh Sidamanik di Sumatera Utara
Segarnya Suasana Kebun Teh Sidamanik di Sumatera Utara - Berita Harian Terkini - Travel


Kebun sawit, kebun karet, kebun durian, kebun rambutan, itu udah biasa kita lihat di daerah Sumatera Utara. Ada yang menjadi ciri khas tersendiri jika kita lihat secara langsung panorama kebun teh. Yup.. ada kebun teh yang sangat luas di daerah Sidamanik, Sumatera Utara. Sejauh mata memandang, hamparan pohon teh membentang luas mengikuti lika-liku tanahnya yang bergelombang.

Letak kebun teh ini sekitar 15 km dari kota Siantar. Bisa lebih 30 menit untuk menuju kesana, soalnya jalanan banyak lubang. Mau nggak mau ya harus pelan-pelan. Kalau pengen kesana, ingat jadwal pulang. Jalanan dari Siantar menuju Sidamanik ini gak ada penerangan jalannya. Jadi kalau ngelewatin jalan ini sebaiknya jangan lewat waktu maghrib.



Kebun Teh secara resmi dikelola oleh PT. Perkebunan Nusantara (PTPN) IV (Persero). Perkebunan ini memilki luas 8.373 hektar dan merupakan kebun teh jenis hitam terbesar kedua setelah Jawa Barat. Kebun Bah Butong merupakan kebun teh tertua diantara ketiga kebun, dibuka pertama kali oleh Nederland Handel Maatschappij pada 1917. Namun, pabrik teh di kebun Bah Butong baru dibangun pada 1927 dan beroperasi mulai 1931. Pabrik tertua, malah didirikan di Kebun Sidamanik yakni pada 1926. Hanya saja kebun Sidamanik baru dibuka 1924 oleh Handles Vereniging Amsterdam.



Dan jika anda sudah jauh-jauh datang ke Sidamanik sangat disayangkan jika anda hanya melihat kebun teh, perjalanan sekitar setengah jam lagi tepat di pertengahan kebun teh bah butong (bah butong adalah nama desa disana) ada sebuah air terjun yang sangat indah. Nama air terjun nya adalah air terjun Bah Biak, tepat ada dipertengahan kebuh teh. Nah, jika sudah lelah habis keliling kebuh teh anda bisa santai sejenak sambil menikmati derasnya kucuran air terjun bah biak.

Informasi berita Silet hari ini dan Gossip Artis bisa baca di situs ini !!

Dapatkan juga berita politik & berita mancanegara di situs ini !

Share on Google Plus

About jenipatty

0 komentar:

Posting Komentar