Agen Bola Terbesar

'Tiga Dara', Film Komersil Pertama Usmar Ismail yang Sukses

'Tiga Dara', Film Komersil Pertama Usmar Ismail yang Sukses
'Tiga Dara', Film Komersil Pertama Usmar Ismail yang Sukses - Berita Harian Terkini - Entertainment


Dari banyaknya film-film yang lahir di sejarah perfilman Tanah Air, 'Tiga Dara' menjadi legenda tersendiri buah karya sutradara Usmar Ismail. Film ini disebut sebagai film pertama dari Usmar yang meraih sukses secara komersil.

Selama membuat film, sutradara kelahiran Bukittinggi itu dikenal idealis dalam memproduksi layar lebar. Karya-karyanya berkualitas tinggi dari segi penceritaan, namun tak banyak yang menuai sukses.

Maka ketika 'Tiga Dara' lahir publik meresponsnya secara positif. Dari keteranganya, Usmar menangkap momen euforia drama musikal tengah digandrungi di Hollywood. Bersama M. Alwi Dahlan, ia lantas menulis cerita ringan tentang tiga saudara perempuan yang hidup bersama ayah dan nenek mereka, yang selalu berusaha mencarikan jodoh untuk ketiga cucunya yang kemudian diberi judul 'Tiga Dara'.

Tak hanya di dalam negeri, film ini juga diapresiasi dan sempat tayang di Venice Film Festival di tahun 1959. Alex Sihar yang berada di balik 'kembalinya' Tiga Dara lewat proses restorasi mengatakan, tayangnya film ini di festival internasional menjadi momen mengejutkan bagi Usmar.

"Usmar Ismail ingin film-filmnya bisa diputar di festival film bergengsi, dan itu bukan untuk Tiga Dara, yang dia anggap proyek film komersil. Namun malah Tiga Dara yang terpilih. Bahkan film 'Lewat Djam Malam' pun baru bisa ditayangkan di Cannes tahun 2012 setelah direstorasi, 58 tahun setelah film itu dirilis di tahun 1954," ujar Alex.

Publik masa kini bisa menyaksikan 'Tiga Dara' di layar lebar. Setelah direstorasi, film yang rilis pada 1956 itu semakin menarik untuk disaksikan lewat kejernihan gambar dan kecemerlangan suara.

Informasi berita Silet hari ini dan Gossip Artis bisa baca di situs ini !!

Dapatkan juga berita politik & berita mancanegara di situs ini !
Share on Google Plus

About jenipatty

0 komentar:

Posting Komentar