Agen Bola Terbesar

Trullo, Rumah Kurcaci Nan Unik di Italia

Trullo, Rumah Kurcaci Nan Unik di Italia
Trullo, Rumah Kurcaci Nan Unik di Italia - Berita Harian Terkini - Travel


Seperti negeri dongeng, namun inilah Trullo. Rumah tradisional dari Puglia, Italia. Seperti rumah kurcaci!

Trullo adalah rumah tradisional yang berasal dari Region Puglia, Italia bagian selatan. Ciri khas rumah ini adalah berbentuk persegi, beratap kerucut, yang terbuat dari susunan batu.

Dindingnya yang sangat tebal (0,8-2,7 meter) membuat temperatur di dalam ruangan relatif tetap, hangat di musim dingin dan sejuk di musim panas. Trullo umumnya dapat ditemukan tersebar di kebun-kebun zaitun dan anggur yang terhampar luas di Puglia, salah satunya di Kota Alberobello.

Alberobello adalah sebuah kota kecil yang terletak tak jauh dari Kota Bari, ibu kota Puglia. Awalnya Alberobello adalah area hutan (Albero=pohon bello=cantik/indah). Pada abad ke-14, seorang tuan tanah memindahkan para pekerjanya ke Alberobello untuk merambah hutan dan menjadikannya perkebunan.

Mereka tinggal di trulli yang dibangun dari susunan batu-batuan tersebut demi menghindari tagihan pajak dari pemerintah. Menurut peraturan saat itu, trulli tidak dianggap sebagai pemukiman permanen, karena dibangun tanpa menggunakan semen sebagai perekatnya. Jika sewaktu-waktu ada pemeriksaan, maka rumah-rumah ini dengan sangat mudah dihancurkan.

Di Kota Alberobello terdapat sekitar 1.500 trulli yang letaknya terlokalisasi, dan telah menjadi situs kunjungan wisata. Kawasan ini masuk ke dalam daftar situs warisan dunia UNESCO karena keunikannya.



Saat ini trulli kebanyakan sudah dipugar dan berubah menjadi hotel, cafe, toko, atau tempat tinggal permanen. Uniknya seluruh trulli di Alberobello dicat dengan warna putih bersih. Atap kerucutnya yang berwarna abu-abu, ditulisi dengan simbol-simbol keagamaan, yang mewakili kepercayaan para pemiliknya.

Berkeliling di jalanan sempit yang diapit oleh rumah-rumah kurcaci beratap kerucut, membuat para pengunjung seakan berada di dunia fantasi. Warna-warni bunga yang menjuntai dari pot-pot gantung di dinding trulli yang putih, membuat komplek tersebut tampak semakin cantik.

Beberapa warga membuka rumahnya untuk dikunjungi oleh para pelancong. Mereka dengan senang hati akan mengantar pengunjung ke setiap ruangan di dalam trullo dan memberi penjelasan dengan lengkap. Di akhir kunjungan mereka menyediakan sebuah kotak untuk diisi uang secara sukarela oleh para pengunjung.

Tak di sangka, dalam rumah kurcaci yang mungil itu terdapat beberapa ruangan dan fasilitas yang lengkap. Di dalamnya terdapat ruang keluarga, kamar, dapur dan ruang makan, serta kamar mandi. Meski pun di luar ruangan panas terik dengan suhu 40 derajat celcius, namun saat berada di dalam trulli tetap terasa sejuk.

Untuk menuju ke sana, dari Stasiun Bari Centrale, kami menaiki kereta FSE (Ferrovie Sud-Est) dengan tujuan akhir Martina Franca. Harga tiket kereta api sekitar 4 euro (Rp 60 ribu) sekali jalan. Waktu perjalaan dengan kereta kurang lebih 1 jam, hingga sampai di stasiun Alberobello. Hamparan kebun zaitun dan anggur di sepanjang jalan membuat waktu 1 jam terasa sangat singkat.

Dari stasiun Alberobello, satu-satunya cara menuju kawasan trulli adalah dengan berjalan kaki sekitar 25 menit. Cukup jauh, namun petunjuk jalannya relatif mudah untuk diikuti.

Area Trulli di Alberobello terbagi dua yaitu, Rione Monti dan Aia Picola. Rione monti adalah kawasan turistik yang ramai dikunjungi wisatawan. Tempat ini dipenuhi oleh toko-toko suvenir, café, dan restoran. Sedangkan kawasan Aia picola, adalah kawasan perumahan yang relatif tenang dan sepi. Berjalan di area Aia picola seakan-akan berada di kota mati, sepi dan jarang berpapasan dengan penduduk setempat. JIka pengunjung ingin mendapatkan foto-foto yang jauh dari keramaian wisatawan, di Aia Picolalah tempatnya.

Tidak jauh dari area Aia Picola, terdapat view point (belvedere) yang terletak di bagian puncak. Dari ketinggian tempat ini  kita dapat melihat Rione Monti secara keseluruhan, seperti melihat lembah dengan ratusan rumah kurcaci di dasarnya. Sungguh pemandangan yang menakjubkan. Belvedere ini adalah salah satu tempat favorit pengunjung untuk mengambil gambar dan mengabadikan kenangan mereka di Alberobello.

Informasi berita Silet hari ini dan Gossip Artis bisa baca di situs ini !!

Dapatkan juga berita politik & berita mancanegara di situs ini !

Share on Google Plus

About jenipatty

0 komentar:

Posting Komentar