Agen Bola Terbesar

Pengkang dan Burung Punai Khas Pontianak

Pengkang dan Burung Punai Khas Pontianak
Pengkang dan Burung Punai Khas Pontianak - Berita Harian Terkini - Kuliner

Jika anda memiliki waktu menjelajah yang panjang di Pontianak, cobalah melanjutkan penelusuran anda ke jalur utara dari Pontianak ke arah Mempawah. Sekitar satu jam perjalanan dari pusat kota Pontianak tepatnya didaerah Peniti, Siantan, terdapat Resto Pondok Pengkang yang menjual panganan khas yaitu Lempar atau Pengkang.

PENGKANG atau LEMPER yang terbuat dari beras ketan dan diisi EBI, dibungkus daun pisang berbentuk kerucut dan selalu dihidangkan berpasangan (2 buah), diikat dengan bambu lalu di bakar.

Pengkang disajikan dengan SAMBAL KEPAH atau sambal kerang yang rasanya gurih, manis, pedas. Pengkang selalu dihidangkan dalam keadaaan hangat.  Menurut kebiasaan masyarakat, Pengkang adalah ransum (makanan persediaan) jika ke hutan, karena Pengkang bisa tahan selama satu minggu bahkan lebih.

Menu ini terasa istimewa, apalagi malam itu hujan sepanjang hari (dari siang), jadi cuaca cukup dingin. Pengkang biasa disajikan bersama teh hangat tawar / tanpa gula yang menjadi ciri khas Kalbar.

Sepanjang jalan di daerah Peniti, Mempawah banyak orang yang menjual kepah dan lidah buaya yang menjadi primadona di daerah tsb.

Menurut informasi, Kepah banyak terdapat di rawa-rawa bakau di pesisir Kalbar. Cangkangnya berwarna putih polos, dengan daging yang lebih besar dan tebal. Sehingga terasa lembut ketika dimakan, tidak seperti kerang yang kita temui di Jakarta yang terasa lebih alot.



Makanan khas lainnya adalah BURUNG PUNAI digoreng atau dibakar. Katanya burung Punai mirip burung dara atau merpati,  berwarna hijau dan berparuh kemerahan. Burung liar ini hidup berkelompok, sehingga bisa dengan mudah ditangkap dengan dijaring, dagingnya gurih,  juga banyak ditemukan disekitar Pontianak dan Mempawah.

Mereka di tangkap dengan cara dijaring atau menggunakan perekat. Resto ini nyaris selalu ramai setiap harinya. Setiap pengunjung yang ingin ke Mempawah, Singkawang atau ke Entikong, wilayah perbatasan RI dengan Serawak, Malaysia Timur selalu mampir ke Pondok Pengkang. Disini mereka biasanya istirahat sambil menikmati pengkang atau dipesan untuk dibawa pulang ke rumah. Resto ini juga sudah buka sejak pukul tujuh pagi hingga tengah malam.

Informasi berita Silet hari ini dan Gossip Artis bisa baca di situs ini !!

Dapatkan juga berita politik & berita mancanegara di situs ini !

Share on Google Plus

About jenipatty

0 komentar:

Posting Komentar