Agen Bola Terbesar

Di Lombok Ada Air yang Katanya Bisa Buat Awet Muda

Di Lombok Ada Air yang Katanya Bisa Buat Awet Muda
Di Lombok Ada Air yang Katanya Bisa Buat Awet Muda - Berita Harian Terkini - Travel


Tiap wilayah di Indonesia punya mitos air awet muda, termasuk di Lombok. Inilah air yang begitu disakralkan serta dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Jika sebelumnya Anda sudah mengetahui cerita kolam selir, maka kali ini kita akan mengulas Bale Petirtan yang lokasinya sama-sama ada di Taman Narmada. Suatu taman yang bersejarah, dibangun oleh Raja Anak Agung dari Bali di tahun 1727.

"Di Bale Petirtan ada air yang konon bisa bikin awet muda dan menyembuhkan berbagai penyakit," ujar pemandu setempat, Edi Juasah.

Bale Petirtan lokasinya tak jauh dari pintu masuk, persis di sebelah kolam pemandian selir. Tampak luar, arsitektur bangunannya sangat mirip atau khas dengan bangunan-bangunan di Bali. Bangunannya pun kecil, hanya mampu memuat sekitar 10-an orang.

Di Bale Petirtan inilah terdapat pertemuan 3 mata air, yakni mata air Surandi, Lingsar dan Narmada. Bagi umat Hindu, airnya dipercaya dapat membuat awet muda, mengantarkan rezeki dan menghilangkan berbagai penyakit. Mata airnya ditampung dalam satu kolam kecil dan terus mengalir.



Dengan melepas alas kaki terlebih dulu pengunjung masuk ke dalam. Pak Mangku, satu-satunya kuncen dan penunggu Bale Pertitan menyambut semua pengunjung dan menyuruh duduk di kanan dan di kiri.

Tampak basa-basi, Pak Mangku langsung berdoa dan melempar-lempar potongan bunga. Dia pun menyuruh kepada semua pengunjung, untuk berdoa dalam hati dan meminta yang baik-baik kepada Yang Maha Kuasa.

"Silakan turun dan basuhlah muka dengan airnya sebanyak tiga kali. Basuh mukanya dari dagu sampai ke rambut. Bagi yang memakai jilbab, airnya cukup kena sedikit saja ke rambut. Kemudian, airnya diminum," perintah Pak Mangku.

Langsung saja, satu per satu pengunjung turun termasuk saya sendiri. Sembari menunggu antrean saya bertanya sedikit tentang air yang konon bikin awet muda ini. Pernakah airnya kering Pak?

"Tidak pernah kering, ini airnya terus mengalir. Walau Lombok sedang kering dan panas, air ini terus mengalir," jawabnya.

Saya kemudian turun ke depan kolam kecilnya dan membasuh muka. Airnya terasa sangat segar dan dingin. Muka pun menjadi lebih segar.

"Silakan menyumbang seikhlasnya ke sini (sambil menunjuk ke Nampan) agar doanya sampai. Di sini juga ada kotak sumbangan bagi pelestarian Taman Narmada," ujar Pak Mangku.

Kala itu, banyak rombongan wisata lain yang mengantre untuk masuk ke Bale Petirtan. Entah percaya atau tidak terkait mitos air awet muda, itu semua dikembalikan ke pribadi masing-masing. Foto-foto di dalamnya juga boleh karena tidak dilarang.

Jam buka Bale Pertitan sama dengan Taman Narmada, buka setiap hari dari pukul 06.00 sampai 17.30 WITA. Tiket masuknya murah ke Taman Narmada, hanya Rp 6 ribu untuk wisatawan lokal dan Rp 10 ribu untuk turis mancanegara yang sudah termasuk tiket masuk ke Taman Narmada.

Kabarnya, hanya di Bale Pertitan inilah yang satu-satunya tempat yang terdapat mitos air awet muda di Lombok. Mau mampir ke sini untuk berdoa dan awet muda, atau sekedar merasakan airnya yang segar dan melepas dahaga, terserah Anda.

Informasi berita Silet hari ini dan Gossip Artis bisa baca di situs ini !!

Dapatkan juga berita politik & berita mancanegara di situs ini !
Share on Google Plus

About jenipatty

0 komentar:

Posting Komentar