Agen Bola Terbesar

Blue Wine, Wine yang Dibuat dengan Antosianin

Blue Wine, Wine yang Dibuat dengan Antosianin
Blue Wine, Wine yang Dibuat dengan Antosianin - Berita Harian Terkini - Kuliner


Red wine, white wine dan rose sudah biasa. Kini hadir blue wine, wine berwarna biru yang diracik dari buah anggur dan antosianin.

Seperti apa minuman unik ini? Selama 2 tahun perusahaan start-up asal Spanyol, Gïk bekerja sama dengan peneliti di Universitas Basqeu Country dan peneliti pangan di Azti Tecnecalia mencari formula tepat blue wine.

Dalam situs resminya Gïk mengungkapkan, "Gïk dilahirkan untuk bersenang-senang. Untuk membuat sesuatu yang baru dan berbeda. Mengapa biru? Dan Mengapa tidak?" Aritz López selaku pendiri Gïk mengatakan inspirasi warna biru datang dari Blue Ocean Strategy, sebuah buku karya W. Chan Kim yang merupakan teoretikus bisnis kelahiran Korea.

"Ia menceritakan laut merah dalam bukunya yang mewakili pasar bisnis jenuh oleh para spesialis (hiu). Mereka berjuang untuk variabel yang sama dan untuk mengurangi jumlah kliennya (ikan). Hal ini menyebabkan air laut berubah warna menjadi merah."

Kim lalu menuturkan pentingnya memperbaiki kondisi tersebut dengan inovasi dan menciptakan variabel baru. Sehingga air laut kembali berwarna biru. "Ini tampak puitis bagi kami untuk mengubah wine merah tradisional menjadi warna biru," tambah López.

Ia bersama 6 inovator muda dibelakang Gïk menggunakan buah anggur merah dan hijau yang dipanen di La Rioja, Zaragoza, León, dan Castilla-La Mancha (Spanyol) untuk membuat wine unik ini. Namun mereka yang berusia sekitar 20 tahun tersebut mengatakan varietas anggur tidak terlalu pengaruh pada warna biru.



Warna biru didapat para inovator dari campuran antosianin, pigmen alami di kulit anggur dengan pewarna biru alami yang diekstrak dari tanaman Isatis tinctoria. Campuran ini menghasilkan warna biru yang lebih cantik.

Soal rasa, Gïk tidak mau mengungkap terlalu banyak dalam situs resminya. Mereka hanya menuturkan, "Coba lupakan semua yang Anda tahn tentang wine dan hiraukan seluruh prasangka serta standar soal industri wine." Namun bisa dipastikan wine biru ini terasa manis karena ditambahkan pemanis non-kalori.

Menariknya, orang-orang dibalik Gïk tidak punya pengalaman membuat wine. Tetapi mereka semua ingin membuat sesuatu yang sangat inovatif karena industri wine di Spanyol sedikit kehilangan revolusi.

"Kami dibesarkan di negara dengan budaya wine yang kuat, tetapi wine selalu ditaruh sebagai dasar. Jadi kami berpikir akan seperti apa bila orang-orang sungguhan membuat wine untuk orang sungguhan pula. Bukan wine yang dibuat para ahli untuk penikmat wine saja," tutur Aritz López.

Blue wine saat ini hanya bisa dipesan online di Spanyol, Prancis, Inggris, Belanda, dan Jerman. Harganya berkisar 11 USD (Rp 145.000) per botol. Rencananya blue wine akan segera dipasarkan Gïk di Amerika Serikat.

Informasi berita Silet hari ini dan Gossip Artis bisa baca di situs ini !!

Dapatkan juga berita politik & berita mancanegara di situs ini !
Share on Google Plus

About jenipatty

0 komentar:

Posting Komentar