Agen Bola Terbesar

Presiden Dewan Eropa Menegaskan 27 Negara Uni Eropa Tetap Akan Bersatu

Presiden Dewan Eropa Menegaskan 27 Negara Uni Eropa Tetap Akan Bersatu
Presiden Dewan Eropa Menegaskan 27 Negara Uni Eropa Tetap Akan Bersatu - Berita Harian Terkini - Berita


Pemimpin Uni Eropa telah menentukan sikap untuk tetap menjaga keutuhan Uni Eropa setelah Inggris memutuskan keluar. Presiden Dewan Eropa Donald Tusk mengatakan, Uni Eropa mencatat bahwa mereka sedang menyiapkan sebuah hasil.

"Apa yang tak dapat membunuh anda akan membuat anda semakin kuat," ujar Tusk dalam pernyataannya seperti dilansir Reuters, Jumat (24/6/2016).

"Saya ingin meyakinkan semua orang bahwa kami telah bersiap untuk sekenario terburuk ini," sambungnya.

Tusk mengatakan tak ada yang dapat memprediksi konsekuensi politik dari voting tersebut, khususnya untuk Inggris. Namun, dia menambahkan, Brexit tak perlu ditanggapi secara berlebihan.

"Hari ini, atas nama 27 orang pemimpin Uni Eropa, saya tegaskan bahwa kami akan terus bersatu," tegasnya.

Pemimpin Uni Eropa, termasuk PM Inggris David Cameron dijadwalkan untuk bertemu di Brussels Kamis (23/6) ini. Tusk mengatakan bahwa ke-27 pemimpin Uni Eropa tersebut tetap akan bertemu secara santai untuk membahas bagaimana menyikapi keputusan Inggris yang ingin keluar.

"Saya telah menawarkan pemimpin Uni Eropa pertemuan informal, dan saya juga mengusulkan agar para pemimpin negara mulai memikirkan masa depan Uni Eropa nantinya," ujar Tusk.

Dalam peraturan Uni Eropa, negara yang ingin meninggalkan blok memiliki waktu negosiasi selama 2 tahun, dimulai dari saat Uni Eropa mengetahui keinginan negara tersebut untuk berpisah.

Beberapa otoritas pemerintahan Inggris yang berkampanye untuk keluar dari Uni Eropa mengusulkan agar London menunda pemberitahuan. Hal tersebut dimaksudkan agar Inggris memiliki waktu untuk pembicaraan informal sebagai jalan keluar terbaik untuk mundur dari Uni Eropa. Tusk memilih untuk mengambil tindakan tegas.

"Semua prosedur penarikan Inggris dari Uni Eropa jelas dan telah ditetapkan dalam perjanjian," kata Tusk.

Inggris telah menjadi bagian dari Uni Eropa yang beranggotakan 28 negara tersebut sejak bergabung pada 43 tahun yang lalu. Inggris merupakan negara besar pertama yang keluar dari Uni Eropa, yang terbentuk dari puing puing negara Perang Dunia II.

Informasi berita Silet hari ini dan Gossip Artis bisa baca di situs ini !!

Dapatkan juga berita politik & berita mancanegara di situs ini !
Share on Google Plus

About jenipatty

0 komentar:

Posting Komentar