Agen Bola Terbesar

Teh Darjeeling Asal India Dilelang Secara Online Pertama Kalinya

Teh Darjeeling Asal India Dilelang Secara Online Pertama Kalinya
Teh Darjeeling Asal India Dilelang Secara Online Pertama Kalinya - Berita Harian Terkini - Kuliner


Sejak ratusan tahun, darjeeling tea selalu dijual melalui lelang terbatas. Namun kini teh hitam berkualitas asal India ini dilelang online untuk pertama kalinya.

Pencinta teh pasti tidak asing lagi dengan teh darjeeling. Teh dengan julukan "champagne of teas" ini berasal dari perkebunan teh di daerah Darjeeling, Benggala Barat, India. Kondisi tanah dan cuaca yang sempurna di sana menghasilkan teh hitam berkualitas dengan aroma dan rasa bebungaan.

Proses produksi teh darjeeling begitu eksklusif. Daun tehnya dipetik dengan tangan, sedangkan uji coba rasa dan sertifikasi perlu diberikan oleh pihak yang berkompeten. Setelah proses tersebut barulah teh darjeeling tersedia di pasaran.

Berkat keistimewaannya, pelelangan privat darjeeling tea berlangsung mewah. Meliputi rangkaian uji coba yang rumit.



Tiap tahunnya 2.8 juta kilogram teh ini berhasil dijual. Pada 2014, teh darjeeling dari wilayah Makaibari terjual dengan harga 112.000 rupee (Rp 22 juta rupiah) per kilogram. Harga ini merupakan yang tertinggi diantara jenis teh India lain.

Pelelangan privat tersebut kini segera diganti dengan sistem online. Tujuannya ialah mendapatkan harga yang lebih baik, pembeli lebih banyak, dan memastikan transparansi yang lebih baik pula.

"Sistem baru ini memungkinkan pembeli atau penjual teh terdaftar di 7 pusat pelelangan untuk berpartisipasi menawar," ujar Rita Teaotia, Union Commerce Secretary kepada Mashable (2/6). Pelelangan online ini rencananya dimulai pada minggu terakhir bulan Juni.

Pelelangan teh online di India rupanya sudah dimulai sejak 2008 dengan pilihan teh lebih murah. "Sistem baru ini bisa menjadi titik balik bagi proses pelelangan teh di India yang sudah dimulai sejak 1861," pungkas Teaotia.

Informasi berita Silet hari ini dan Gossip Artis bisa baca di situs ini !!

Dapatkan juga berita politik & berita mancanegara di situs ini !
Share on Google Plus

About jenipatty

0 komentar:

Posting Komentar