Agen Bola Terbesar

Yangko, Kue Kenyal Khas Yogyakarta

Yangko, Kue Kenyal Khas Yogyakarta
Yangko, Kue Kenyal Khas Yogyakarta - Berita Harian Terkini - Kuliner


Yangko adalah makanan khas Jogja yang terbuat dari tepung ketan. Yangko berbentuk kotak dengan baluran terigu, kenyal dan yangko rasanya manis. Pada rasa aslinya, yangko berisi campuran kacang dan gula, hampir sama seperti kue moci yang berasal dari Jepang.

Kue Yangko merupakan salah satu makanan khas Yogyakarta. Bahan utamanya terbuat dari tepung ketan dengan balutan tepung maizena. Rasanya manis dengan tekstur kenyal dan empuk. Kue yangko sebenarnya berasal dari Kota Gede Yogyakarta. Dulunya ia merupakan makanan para raja dan pembesar kerajaan, sehingga rakyat biasa jarang yang dapat menikmati makanan ini.

Menurut cerita, yangko inilah makanan bekal Pangeran Diponegoro ketika berperang melawan penjajah. Hal itu karena yang yangko termasuk makanan yang dapat bertahan beberapa hari. Nama “yangko” sendiri berasal dari kata kiyangko. Namun karena orang Jawa sulit mengatakan kiyangko, maka mereka lebih mudah menyebutnya yangko hingga sekarang. Kini kue yangko telah dijual di seluruh penjuru Yogyakarta.

Informasi berita Silet hari ini dan Gossip Artis bisa baca di situs ini !!

Dapatkan juga berita politik & berita mancanegara di situs ini !
Share on Google Plus

About jenipatty

0 komentar:

Posting Komentar