Agen Bola Terbesar

Mola mola, Ikan Paling Ajaib dari Indonesia

Mola mola, Ikan Paling Ajaib dari Indonesia
Mola mola, Ikan Paling Ajaib dari Indonesia - Berita Harian Terkini - Travel


Bisa jadi, inilah ikan paling ajaib dari Indonesia. Namanya mola mola, bentuknya unik seperti bakso gepeng.

Sangat jarang ada ikan yang dipanggil dengan nama latinnya. Mola mola oleh orang luar negeri disebut sunfish, tapi kita menyebutnya mola mola saja, begitulah nama latinnya, Mola mola.

Ikan mola mola banyak hidup di perairan negara tropis. Mola mola begitu unik dengan bentuk badannya yang bulat pipih, bersirip menjulang ke atas dan ke bawah. Matanya besar dan jenaka, dengan gerakan tubuh yang lamban. Sekilas tampak seperti bakso yang gepeng.

Ukuran ikan itu sebenarnya begitu besar dengan diameter yang bisa mencapai 3-4 meter. Beratnya pun tak tanggung-tanggung, dapat menyentuh angka 1.000 kg. Mola-mola pun termasuk ikan bertulang terberat di dunia. Wah!

Mola mola dikenal dengan sebutan ocean sunfish, alias ikan yang gemar mencari sinar matahari. Setelah lama menyelam, ikan ini akan berenang mendekati permukaan laut untuk berjemur sejenak.


Nah, di Indonesia mola-mola banyak hidup di perairan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali. Perairan di sana biru jernih dengan terumbu karang yang berwarna-warni. Buat yang penasaran ingin berenang bersama mola-mola, datanglah ke Nusa Penida sekitar bulan Juli-November setiap tahun.

Di bulan-bulan tersebut, para penyelam bisa melihat hingga 10 mola-mola berenang bebas dalam satu waktu. Untuk titik favorit yang tak boleh dilewatkan untuk melihat penampakan ikan unik ini ada dua, yaitu Blue Corner dan Crystal Bay.

Kalau tak mau repot, kalian bisa ikut tur untuk melihat mola-mola. Banyak operator tur di Bali yang menyediakan paket tersebut. Mereka akan mengantar kalian untuk menyelam dan berenang ria bersama mola mola.

Informasi berita Silet hari ini dan Gossip Artis bisa baca di situs ini !!

Dapatkan juga berita politik & berita mancanegara di situs ini !
Share on Google Plus

About jenipatty

0 komentar:

Posting Komentar