Agen Bola Terbesar

Jagung Berjamur yang Populer di Meksiko


Jagung Berjamur yang Populer di Meksiko
Jagung Berjamur yang Populer di Meksiko - Berita Harian Terkini - Kuliner

Para petani jagung di Indonesia sangat berharap butir-butir jagung di kebunnya berwarna kekuningan, bersih, licin, dan penuh. Kalau penampilannya sudah seperti itu, maka jagung siap dipanen. Tetapi hal itu tak berlaku di Meksiko. Petani setempat menganggap jagung yang siap panen mesti berjamur dulu.

Sejak era peradaban suku Aztec dan Maya, masyarakat petani jagung di Meksiko selalu mengalami hal yang sama. Kebun jagung mereka selalu diserang Ustilago maydis, spesies jamur yang kerap disebut para petani Meksiko dengan istilah huitlacoche.

Jamur ini biasanya menyerang pada ladang-ladang petani yang berada di daerah beriklim hangat, dengan tingkat kekeringan yang sedang. Setiap kali mau panen, jagung selalu ditumbuhi jamur huitlacoche.

Mungkin karena kesal tak pernah bisa membasmi jamur tersebut, nenek-moyang mereka akhirnya sengaja membiarkan serangan jamur tersebut.

Bahkan dengan akal dan fikirannya (suku Aztec dan Maya dikenal memiliki peradaban tinggi), masyarakat petani waktu itu mulai mengolah jamur ini menjadi makanan yang lezat. Hal ini berlangsung turun-temurun dari tahun ke tahun, bahkan dari abad ke abad, dan sampai kini tetap lestari.




Huitlacoche biasanya dinikmati sebagai isi quesadilla, yaitu tortilla lipat. Selain itu, sering juga digunakan bersama hidangan lain seperti kue dadar, sup, dan sosis.

Bentuk dan warna makanan ini mungkin tidak menggugah selera. Namun kalau sudah dimasak, rasanya sangat lembut dan cukup nikmat, bahkan nilai gizinya patut dipertimbangkan. Sebab jamur huitlacoche ini banyak mengandung vitamin C, fosfor, kalsium, dan karbohidrat. Aromanya sangat mirip dengan aroma vanila.

Makanan dengan bahan dasar huitlacoche banyak dijumpai di pasar tradisional di Meksiko. Bahkan kini tersedia pula di supermarket dalam bentuk kalengan yang siap dimasak. Sejumlah restoran pun bangga sekali bisa menyediakan aneka menu berbahan dasar jamur ini.


Informasi berita Silet hari ini dan Gossip Artis bisa baca di situs ini !!

Dapatkan juga berita politik & berita mancanegara di situs ini !
Share on Google Plus

About jenipatty

0 komentar:

Posting Komentar