Agen Bola Terbesar

'Impossible Burger' Olahan Daging dari Tumbuhan

'Impossible Burger' Olahan Daging dari Tumbuhan
'Impossible Burger' Olahan Daging dari Tumbuhan - Berita Harian Terkini - Kuliner


Burger yang lebih sehat dan ramah lingkungan berhasil dibuat oleh. perusahaan startup di San Francisco. Meski dari tumbuhan rasanya persis daging asli.

Konsumsi daging merah di seluruh dunia masih tinggi. Karenanya produksi daging sapi terus meningkat dengan segala dampak buruk untuk lingkungan. Berusaha mengatasi hal ini, beberapa pihak mencari alternatif burger lebih baik seperti patty burger yang dikembangkan dari sel-sel daging sapi asli di laboratorium.

Kini Impossible Foods, perusahaan startup yang berbasis di San Francisco, menggabungkan berbagai jenis tumbuhan untuk meniru cita rasa daging sapi sungguhan. Mereka telah mengembangkan formula ini selama 5 tahun terakhir. Rasa, tekstur, dan tampilan burger kabarnya telah mendapat banyak pujian meski Impossible Foods belum resmi dipasarkan.

Dikutip dari Oddity Central (23/6), pendiri Impossible Foods yang juga mantan ahli biokima di Universitas Stanford, Patrick Brown mengatakan tujuan perusahaannya ialah menghasilkan produk yang akan mengubah dunia. Ia meyakini Impossible Burger mampu mewujudkannya.

Selama 5 tahun tersebut, Brown dan tim berusaha menganalisa molekul daging untuk mengetahui apa yang menciptakan rasa dan aroma daging (patty) burger. Mereka meyakini semua produk hewani bisa direplikasi dengan senyawa nabati berbahan tumbuhan.

Brown dan tim memilih cara mentransfer gen kedelai yang mengkode protein heme menjadi ragi. Cara ini memungkinkan Impossible Foods memproduksi senyawa mirip darah dalam jumlah besar.

Persoalan tidak berhenti pada penciptaan rasa daging. Impossible Foods harus menjamin kesuksesan produk inovatif mereka dengan mereplikasi lemak hewan. Mereka menggunakan minyak kelapa untuk dicampurkan pada gabungan protein gandum dan kentang yang membentuk "daging tumbuhan" pada burger.

Minyak tersebut nantinya tetap solid hingga patty burger ditempatkan dalam wajan panas. Di titik ini patty akan mulai mengeluarkan cairan dan mendesis layaknya lemak hewan ketika dimasak.

Bau patty Impossible Burger juga direkayasa oleh tim peneliti. Mereka menaruh daging yang sudah dimasak di mesin spektrometri masaa kromatografi gas untuk memisahkan ribuan senyawa dan bau melalui tabung.

Lewat cara ini peneliti bisa mengidentifikasi tiap komponen tertentu dari bau atau aroma."Bau daging adalah paparan simultan untuk ratusan bau berbeda. Dan bau daging terjadi di sini," ujar salah seorang peneliti sambil menunjuk ke kepalanya.

Lindsay Hoshaw, salah seorang yang berkesempatan mencoba Impossible Burger menceritakan rasanya. "Rasanya sedikit kurang kuat dari daging, tetapi jika saya tidak tahu burger ini dibuat dari tumbuhan, saya tidak akan menyadarinya. Teksturnya mirip daging sapi giling," jelasnya.

Kelebihan lain Impossible Burger adalah kandungan proteinnya lebih tinggi, lemaknya lebih sedikit, dan kalorinya juga lebih rendah dibanding burger daging sapi biasa. Ini karena tidak adanya kandungan daging sungguhan di dalma burger.

Saat ini Impossible Burger dijual lebih mahal dari burger daging sungguhan. Tetapi Patrick Brown mengatakan hal ini bisa berubah seiring kenaikan jumlah produksi. Pihaknya telah menyewa fasilitas pabrik seluas lebih dari 6000 meter persegi untuk memproduksi Impossible Buger.

Informasi berita Silet hari ini dan Gossip Artis bisa baca di situs ini !!

Dapatkan juga berita politik & berita mancanegara di situs ini !
Share on Google Plus

About jenipatty

0 komentar:

Posting Komentar